11.
Unit Masukan ( Input Device )
Unit ini
berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori
dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input
devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user
(pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick/gamepad, yang biasa digunakan untuk bermain games atau
permainan dengan komputer. Kemudian scanner,
untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi.
A. KEYBOARD
Keyboard adalah Alat input yang
digunakan untuk mengetik informasi ke dalam komputer dan menjalankan berbagai
intruksi atau perintah ke dalam komputer. Penciptaan keyboard komputer diilhami
oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya dibuat oleh Christopher
Latham tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan
Remington.
Keyboard komputer pertama
disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak
jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat
lubang (punched card reader) sebagai alat input dan output.
Bila mendengar kata “keyboard” maka
pikiran kita tidak lepas dari adanya sebuah komputer, karena keyboard merupakan
sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan
simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia
artinya papan tombol jari atau papan tombol.
Pada keyboard terdapat tombol-tombol
huruf A – Z, a – z, angka 0 – 9, tombol dan karakter khusus seperti : ` ~ @ # $
% ^ & * ( ) _ – + = < > / , . ? : ; “ ‘ \ | serta tombol-tombol
khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tombol. Sedangkan pada Mesin
ketik jumlah tombolnya adalah 52 tombol. Bentukkeyboard umumnya persegi
panjang, tetapi saat ini model keyboard sangat variatif. Keyboard yang paling
terkenal adalah keyboard QWERTY yang memiliki 101 buah key (tombol).
B. MOUSE
Mouse atau
tikus pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart. Dibuat dari
bahan kayu dengan satu tombol. Sedangkan model kedua sudah dilengkapi dengan 3
tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan mouse yang dapat
mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, mouse ini dikenal dengan nama X-Y
Position Indicator (indikator posisi X-Y).
Pada
umumnya, mouse mempunyai dua tombol, terletak di sebelah kiri atas dan kanan
atas yang dapat ditekan. Walaupun begitu, komputer-komputer berbasis Macintosh
biasanya menggunakan mouse yang hanya terdiri dari satu tombol.
Fungsi
alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu,
dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard., sesuai
dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga
tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol
kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana
letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut
dengan klik (Click). Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut
dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya
dengan sambil digeser. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan
teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan
mouse satu kali disebut dengan klik kanan
C.
Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini
biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk
tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat
dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu
objek dalam komputer.
Bentuk pertama
d-pad dapat ditemukan pada konsol Intellivision tahun 1979 buatan Mattel, salah
satu perusahaan mainan terbesar di dunia.
Pada tahun 1982, salah seorang staff Nintendo, Gunpei Yokoi, memiliki ide untuk membuat d-pad pada gimbot Donkey Kong. Ia membuat desain d-pad menjadi berbentuk seperti +, sehingga menyederhanakan desain dan kenyamanan d-pad.
Pada tahun 1983, Nintendo Membuat Famicom (versi Jepangnya NES), Gunpei Yokoi menggunakan desain yang sama agar permainan terasa lebih enak dimainkan. Kontroller yang dibuat memiliki d-pad dengan desain seperti sekarang. Kontroller tersebut terbukti efektif dan telah membawa Nintendo masuk sebagai perusahaan video game terbaik di dunia pada saat itu.
D. SCANNER
Pada tahun 1982, salah seorang staff Nintendo, Gunpei Yokoi, memiliki ide untuk membuat d-pad pada gimbot Donkey Kong. Ia membuat desain d-pad menjadi berbentuk seperti +, sehingga menyederhanakan desain dan kenyamanan d-pad.
Pada tahun 1983, Nintendo Membuat Famicom (versi Jepangnya NES), Gunpei Yokoi menggunakan desain yang sama agar permainan terasa lebih enak dimainkan. Kontroller yang dibuat memiliki d-pad dengan desain seperti sekarang. Kontroller tersebut terbukti efektif dan telah membawa Nintendo masuk sebagai perusahaan video game terbaik di dunia pada saat itu.
D. SCANNER
Sejarah
perkembangan scanner ini berawal dari Ray Kurweil dan timnya yang menciptakan
Kurzweil Reading Machine beserta software Omni-Font OCR (Optical Character
Recognation) Technology pada tahun 1975, software ini berfungsi untuk mengenali
teks yang discan dan merubahnya menjadi data berbentuk teks. Data yang
diambil dari scanner dapat dimasukan langsug pada komputer yang dapat mengenali
tulisan ASCII.
Penemu
dari scanner itu sendiri adalah Robert S. Ledley yang lahir di Newyork, Amerika
Serikat pada tahun 1926, penemuan scanner ini juga sangat berkaitan dengan
perkembangan teknologi photografi, fotocopi, dan juga optical machine. pada
tahun 1943 dia menciptakan CT Scanner dan menamakan mesin temuannya Automatic
Computerized Axial (ACTA).
Scanner
merupakan suatu alat yang mempunyai fungsi mirip dengan mesin fotocopi.
Fotocopy hasilnya dapat langsung dilihat pada kertas tapi hasil scanner
ditampilkan pada layar moitor komputer, dan baru bisa diedit sesuai dengan
keinginan dan masih dapat disimpan sebagai file text, dokumen, dan file
digital.
2.
Komputer Berdasarkan Ukurannya
Berikut
ini kategori komputer yang dilihat berdasarkan kemampuannya untuk memproses,
baik dalam melayani user, pemrosesan aplikasi, dan kemampuan untuk melaksanakan
tugas dalam banyak hal sekaligus pada saat bersamaan.
a. Komputer
kecil (small computer)
Komputer kecil dissebut juga small-scale mainframe computer. merupakan
komputer yang memiliki kemampuan proses dalam jumlah kecil. Komputer yang
termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer desktop atau komputer pribadi
yang umumnya digunakan oleh satu orang pada satu saat. Komputer kecil sekarang
kebanyakan menggunakan sistem multi-programming,
multiprocessing dan virtual storage, serta bersifat multi-user dengan jumlah terminal sampai
dengan ratusan buah. Perusahaan yang memproduksi komputer mini diantaranya
adalah ; IBM, Wang Laboratories, dan NCR.
b. Komputer
menengah (middle computer)
Komputer
mengah disebut juga medium-scale
mainframe computer. Komputer menengah dapat mempunyai sejumlah besar dan
bermacam-macam alat input atau output.
Biasanya
komputer menengah digunakan untuk komunikasi data dengan ratusan terminal yang
terpisah dari pusat komputernya. Pusat komputer biasanya menggunakan komputer
menengah dan terminal-terminal dapat menggunakan komputer mikro atau komputer
mini untuk penerapan konsep distribusi
data processing (DDP), yaitu terminal selain dapat berhubungan dengan
komputer pusat, tetapi dapat juga berdiri sendiri.
c. Komputer
besar (large computer)
Komputer
besar disebut juga mainframe computer
atau large-scale mainframe computer
karena bentuk phisiknya besar seperti lemari. Komputer maninframe mempunyai
kecepatan samapai 400 MIPS. Komputer jenis ini digunakan perusahaan-perusahaan
besar seperti perusahaan penerbangan yang mempunyai ratusan kantor cabang dan
tiap kantor cabang mempunyai terminal yang dihubungkan dengan pusat
komputernya.
Karena
kecepatan dan besarnya memori komputer ini, memungkinkan secara efektif
menerapkan sistem time-sharing,
ratusan pemakai dapat menggunakan komputer ini serentak dari terminal
masing-masing pada saat yang bersamaan dan sudah dilengkapi dengan perangkat
dan software yang lengkap. Penggunaannya pun adalah untuk pengolahan
perhitungan dengan kemampuan yang cukup rumit untuk diselesaikan oleh komputer
medium dan small.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar