Jumat, 15 Maret 2013

Berbagai Macam Alat Input dan Ukuran Komputer



11.      Unit Masukan ( Input Device )
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick/gamepad, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi.


A. KEYBOARD
Keyboard adalah Alat input yang digunakan untuk mengetik informasi ke dalam komputer dan menjalankan berbagai intruksi atau perintah ke dalam komputer. Penciptaan keyboard komputer diilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya dibuat oleh Christopher Latham tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington.
Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat input dan output.
Bila mendengar kata “keyboard” maka pikiran kita tidak lepas dari adanya sebuah komputer, karena keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tombol.
Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf A – Z, a – z, angka 0 – 9, tombol dan karakter khusus seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ – + = < > / , . ? : ; “ ‘ \ | serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tombol. Sedangkan pada Mesin ketik jumlah tombolnya adalah 52 tombol. Bentukkeyboard umumnya persegi panjang, tetapi saat ini model keyboard sangat variatif. Keyboard yang paling terkenal adalah keyboard QWERTY yang memiliki 101 buah key (tombol).




B. MOUSE
Mouse atau tikus pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart. Dibuat dari bahan kayu dengan satu tombol. Sedangkan model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan mouse yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, mouse ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y).
Pada umumnya, mouse mempunyai dua tombol, terletak di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Walaupun begitu, komputer-komputer berbasis Macintosh biasanya menggunakan mouse yang hanya terdiri dari satu tombol.
Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard., sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click). Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan
C. Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
Bentuk pertama d-pad dapat ditemukan pada konsol Intellivision tahun 1979 buatan Mattel, salah satu perusahaan mainan terbesar di dunia.

Pada tahun 1982, salah seorang staff Nintendo, Gunpei Yokoi, memiliki ide untuk membuat d-pad pada gimbot Donkey Kong. Ia membuat desain d-pad menjadi berbentuk seperti +, sehingga menyederhanakan desain dan kenyamanan d-pad.

Pada tahun 1983, Nintendo Membuat Famicom (versi Jepangnya NES), Gunpei Yokoi menggunakan desain yang sama agar permainan terasa lebih enak dimainkan. Kontroller yang dibuat memiliki d-pad dengan desain seperti sekarang. Kontroller tersebut terbukti efektif dan telah membawa Nintendo masuk sebagai perusahaan video game terbaik di dunia pada saat itu.


D. SCANNER
Sejarah perkembangan scanner ini berawal dari Ray Kurweil dan timnya yang menciptakan Kurzweil Reading Machine beserta software Omni-Font OCR (Optical Character Recognation) Technology pada tahun 1975, software ini berfungsi untuk mengenali teks yang discan dan merubahnya menjadi data berbentuk teks. Data yang diambil dari scanner dapat dimasukan langsug pada komputer yang dapat mengenali tulisan ASCII.
Penemu dari scanner itu sendiri adalah Robert S. Ledley yang lahir di Newyork, Amerika Serikat pada tahun 1926, penemuan scanner ini juga sangat berkaitan dengan perkembangan teknologi photografi, fotocopi, dan juga optical machine. pada tahun 1943 dia menciptakan CT Scanner dan menamakan mesin temuannya Automatic Computerized Axial (ACTA).
Scanner merupakan suatu alat yang mempunyai fungsi mirip dengan mesin fotocopi. Fotocopy hasilnya dapat langsung dilihat pada kertas tapi hasil scanner ditampilkan pada layar moitor komputer, dan baru bisa diedit sesuai dengan keinginan dan masih dapat disimpan sebagai file text, dokumen, dan file digital.


2. Komputer Berdasarkan Ukurannya
Berikut ini kategori komputer yang dilihat berdasarkan kemampuannya untuk memproses, baik dalam melayani user, pemrosesan aplikasi, dan kemampuan untuk melaksanakan tugas dalam banyak hal sekaligus pada saat bersamaan.

a.      Komputer kecil (small computer)
Komputer kecil dissebut juga small-scale mainframe computer. merupakan komputer yang memiliki kemampuan proses dalam jumlah kecil. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer desktop atau komputer pribadi yang umumnya digunakan oleh satu orang pada satu saat. Komputer kecil sekarang kebanyakan menggunakan sistem multi-programming, multiprocessing dan virtual storage, serta bersifat multi-user dengan jumlah terminal sampai dengan ratusan buah. Perusahaan yang memproduksi komputer mini diantaranya adalah ; IBM, Wang Laboratories, dan NCR.

b.      Komputer menengah (middle computer)
Komputer mengah disebut juga medium-scale mainframe computer. Komputer menengah dapat mempunyai sejumlah besar dan bermacam-macam alat input atau output.
Biasanya komputer menengah digunakan untuk komunikasi data dengan ratusan terminal yang terpisah dari pusat komputernya. Pusat komputer biasanya menggunakan komputer menengah dan terminal-terminal dapat menggunakan komputer mikro atau komputer mini untuk penerapan konsep distribusi data processing (DDP), yaitu terminal selain dapat berhubungan dengan komputer pusat, tetapi dapat juga berdiri sendiri.

c.       Komputer besar (large computer)

Komputer besar disebut juga mainframe computer atau large-scale mainframe computer karena bentuk phisiknya besar seperti lemari. Komputer maninframe mempunyai kecepatan samapai 400 MIPS. Komputer jenis ini digunakan perusahaan-perusahaan besar seperti perusahaan penerbangan yang mempunyai ratusan kantor cabang dan tiap kantor cabang mempunyai terminal yang dihubungkan dengan pusat komputernya.
Karena kecepatan dan besarnya memori komputer ini, memungkinkan secara efektif menerapkan sistem time-sharing, ratusan pemakai dapat menggunakan komputer ini serentak dari terminal masing-masing pada saat yang bersamaan dan sudah dilengkapi dengan perangkat dan software yang lengkap. Penggunaannya pun adalah untuk pengolahan perhitungan dengan kemampuan yang cukup rumit untuk diselesaikan oleh komputer medium dan small.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar